4 Tips Agar Password Akun Anda Tidak Mudah Di Hack



Sering kali ditemui banyak akun Facebook, Twitter, email, atau yang lainnya dihack oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Seperti yang dikutip dari Softpedia (31/5), akun yang dapat dengan mudah dihack atau yang biasa dikenal dengan sebutan 'dibajak', adalah disebabkan oleh password yang melindungi akun tersebut sangat lemah dan gampang untuk ditebak.

Untuk kali ini, ada beberapa tips yang mungkin dapat Anda gunakan untuk membuat password akun Anda kuat dan tidak mudah dibajak atau dihack. Berikut adalah tips-nya:

1. Jangan sekali-kali menggunakan password yang sudah umum digunakan.


     Kebanyakan orang justru menggunakan password yang sudah lazim digunakan agar mudah diingat. Namun, hal itu justru menjadi malapetaka buat Anda.
Contoh: 
password, secret, qwerty, 1234567890, tanggal lahir, dan sebagainya

Jika Anda menggunakan formula di atas, segera ganti password Anda sebelum akun Anda menjadi korban pembajakan.

2. Maksimalkan penggunaan simbol yang ada pada keyboard.


       Cara ini diyakini sangat jitu untuk menghindari pembajakan akun seperti yang sudah banyak terjadi, khususnya di Indonesia.
Contoh:
)*6%4

Akan tetapi yang perlu diingat, Anda jangan sampai lupa dengan susunan simbol yang Anda gunakan sebagai password. 

3. Gunakan kombinasi antara huruf, angka, dan simbol untuk menguatkan password Anda.


       Cara ini yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang untuk meningkatkan keamanan pada password.
Contoh:
4ku$ayan9k4mu

Mungkin saat ini penulisan seperti itu dianggap sebagai penulisan cara kampungan atau yang biasa disebut alay. Namun percaya atau tidak, cara ini merupakan cara paling aman untuk digunakan sebagai password.

4. Bedakan password Anda pada setiap akun.


       Hal ini untuk menghindari apabila seseorang sudah mengetahui password Facebook Anda, misalnya. Jika Anda menggunakan password yang sama untuk akun Twitter, Instagram, email dan sebagainya, maka hal ini akan sangat memudahkan para hacker untuk mengobrak-abrik akun Anda. Jadi bedakan password yang Anda gunakan pada setiap akun.

Itulah 4 tips yang dapat Anda gunakan sebagai benteng untuk mengatasi atau mencegah pembajakan pada akun Anda. Selamat mencoba.




Tidak ada komentar

Leave a Reply