Macam - Macam Jaringan Keuntungan Dan Kerugiannya


1.        Jaringan Local Area Network ( LAN )
Merupakan suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain              dengan jarak jangkauannya sampai 10 km. Biasanya merupakan jaringan komputer untuk satu kantor atau sekolah yang digunakan untuk koordinasi antar bagiannya yang bersifat local.

·         Keuntungan  Jaringan LAN
-          Lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.
·         Kerugian  Jaringan LAN
-          Cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

2.        Jaringan Metropolitan Area Network ( MAN )
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10 - 50 km.
Contohnya antar perusahaan ataupun antar pabrik dalam satu wilayah kota.

·         Keuntungan  Jaringan MAN
-          Cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.
·         Kerugian Jaringan MAN
-          Lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.
3.        Jaringan Wide Area Network ( WAN )
Merupakan jaringan dengan cakupan luas lebih dari 50 km. Jaraknya antar kota, negara, dan benua, ini sama dengan internet. Host di hubungkan dengan sebuah subnet.

·         Keuntungan  Jaringan WAN
-          Cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.
·         Kerugian  Jaringan WAN
-          Biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih banyak, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.


4.        Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

·         Manfaatnya : dapat digunakan dimana saja.
                      Contoh : di dalam kantor, bus. Dll
·         Kelemahannya : lambat dari pada kabel (umumnya 2 Mbps). Tingkat kesalahan lebih besar.
    
5.        Jaringan InternetWork
Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah. Internet bisa dikatakan perpaduan antara berbagai Jenis Jaringan Komputer beserta Topologi dan Tipe Jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.

·         Keuntungan Jaringan InternetWork
-          Komunikasi dan berbagi sumber daya dari satu jaringan ke jaringan yang lain menjadi lebih mudah, penyebaran ilmu pengetahuan menjadi lebih pesat, penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan mudah, dan menjadi ladang untuk memperoleh penghasilan.
·         Kerugian
-          Kejahatan dunia maya atau cyber criminal menjadi luas, pornografi menjadi semakin luas, transaksi barang-barang ilegal seperti narkoba menjadi marak, dan juga dapat menimbulkan fitnah karena penyampaian informasi yang salah.




Tidak ada komentar

Leave a Reply